Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Download

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, dewasa ini pemanfaatan ebook-ebook digital sudah semakin mendominasi sehingga sebagian orang cenderung enggan untuk membeli buku cetak. selain itu aplikasi-aplikasi seperti kamus digital juga banyak dikembangkan oleh programmer baik yang versi smaftphone atau versi komputer (windows).

pengembangan aplikasi semacam itu tentu sangat membantu kita untuk belajar. apalagi sebagian besar aplikasi seperti e-kamus atau e-dictionary ini bersifat free alias bebas digunakan. pada postingan ini saya akan sharing sebuah program kamus bahasa inggris-indonesia dan indonesia inggris. seperti yang telah saya jelaskan, aplikasi ini sifatnya gratis. Tampilannya seperti di bawah ini

Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Download

sedikit review dari saya untuk kamus ini. Aplikasinya berukuran 10 Mb. dengan ukuran seperti itu anda tidak perlu khawatir karena setelah saya coba aplikasinya cukup ringan dan tidak rewel. kosa kata yang dapat diterjemahkan oleh aplikasi ini sangat banyak bahkan bisa dikatakan sangat komplit. Untuk anda yang ingin mencobanya silahkan download disini.

Download Kamus Bahasa Arab Gratis

Adanya aplikasi-aplikasi gratis seperti kamus digital akan sangat membantu memajukan pendidikan yang ada di indonesia sebab selain dimudahkan, aplikasi-aplikasi semacam itu akan sangat memanjakan kita karena sifatnya yang free. Dewasa ini sudah banyak dikembangkan aplikas-aplikasi seperti ini oleh programmer-programmer indonesia baik yang versi desktop atau android.

Terlepas dari sifatnya yang berbayar ataupun gratis, pada postingan ini saya ingin sharing sebuah program aplikasi kamus bahasa arab. Daripada numpuk di harddisk dan gak digunakan kan lebih baik di sharing disini. Untuk anda yang sedang mencari program kamus bahasa arab silahkan download disini. Tampilan Aplikasi seperti gambar di bawah ini.

Kamus Bahasa Arab Gratis Download

Berdasarkan pengalaman pribadi saya setelah menginstalnya di windows 7 ternyata program aplikasi kamus bahasa arab versi 3 ini  tidak dapat dijalankan karena ada beberapa file *.OCX yang tidak ada. Adapun solusinya adalah sebagai berikut 

1. Buka Command Prompt As Administrator lalu ketikan perintah berikut satu persatu atau bisa juga dengan Copy Paste

regsvr32 c:\Windows\system32\comdlg32.ocx

regsvr32 c:\Windows\system32\richtx32.ocx

regsvr32 c:\Windows\system32\NotifyIconControl.ocx

regsvr32 c:\Windows\system32\Menu.ocx

regsvr32 "C:\Windows\System32\WinXPC Engine.ocx"

Kamus Bahasa Arab Gratis Download

Setelah selesai, silahkan jalankan ulang program kamus bahasa arabnya. Jika anda melakukannya dengan benar seharusnya aplikasi kamus bahasa arabnya sudah dapat dijalankan. Semoga berhasil. :)

Integer to Rupiah dengan PHP dan Javascript

Dalam membangun aplikasi berbasis website kita selalu dituntut untuk membuat sebuah tampilan yang menarik. Selain itu, Halaman website yang user friendly menjadi tuntutan tersendiri bagi seorang web developer lebih-lebih bagi mereka yang single fighter atau bekerja sendiri (tanpa team). Selain itu, bagi seorang pemula yang baru menggeluti dunia web programming juga cenderung mengeluh dalam membuat aplikasi website yang user friendly.

Pasalnya, untuk membuat aplikasi website yang interaktif kita akan dihadapkan dengan berbagai persoalan yang tidaklah mudah semisal mendesain tampilan yang banyak berhubungan dengan CSS, segi keamaan agar tidak mudah ditembus hacker dan AJAX yang dapat menjadikan halaman website lebih interaktif. kok malah curhat? haha :D

Integer to Rupiah dengan PHP dan Javascript

Baiklah, mari kita fokus ke pembahasan, pada postingan ini saya ingin sedikit berbagi trik bagaimana merubah format angka atau yang dikenal dengan integer menjadi format rupiah. berdasarkan pengalaman saya, seringkali ini banyak diminta oleh client.

Pada contoh ini saya menggunakan dua buah scripting yaitu server side dan client side (PHP dan Javascript). Contohnya seperti gambar diatas bagaimana merubah format angka menjadi rupiah. silahkan download source codenya disini. Happy Coding. :)

Download 6 Template CSS Halaman Administrator Website

Dalam mengembangkan ataupu membangun sebuah halaman website kita tidak hanya dituntut agar website tersebut bisa berjalan dengan baik serta memiliki keamanan yang terjamin. Hal mendasar yang juga banyak dituntut adalah tampilan yang menarik. Hal ini karena sebuah halaman website tidak hanya diakses oleh pengguna lokal saja melainkan seluruh orang didunia.

Dewasa ini, para developer telah mengembangkan berbagai macam fitur gratis untuk halaman website sepeti Framework CSS (Bootstrap) dan semacamnya. selain itu pengembangan template template halaman website juga telah banyak dilakukan baik yang versi gratis atau berbayar. Hal ini tentu saja dapat memudahkan kita dalam mengembangkan website karena kita akan lebih difokuskan pada server side scripting saja karena hal-hal yang berurusan dengan client side scripting seperti template telah banyak di kembangkan dan tentu saja dapat kita gunakan dengan bebas.

Berikut saya sharing beberapa template CSS halaman administrator yang mungkin dapat sobat gunakan untuk membangun website. template ini gratis jadi tak perlu sungkan ataupun ragu untuk mendownloadnya. :)

1. Template Halaman Administrator (In Admin Theme) | Download

Download 6 Template CSS Halaman Administrator Website

2. Template Halaman Administrator (HTML 5 Admin Template) | Download

Download 6 Template CSS Halaman Administrator Website

3. Template Halaman Administrator (In Admin Panel) | Download

Download 6 Template CSS Halaman Administrator Website

4. Template Halaman Administrator (Profi Admin) | Download

Download 6 Template CSS Halaman Administrator Website

5. Template Halaman Administrator (SB Admin) | Download

Download 6 Template CSS Halaman Administrator Website

6. Template Halaman Administrator (Bootstrap Admin) | Download

Download 6 Template CSS Halaman Administrator Website

Cara Menggunakan Mikrotik PHP API

Cara Menggunakan Mikrotik PHP API

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface. API biasanya merupakan suatu kumpulan fungsi yang sudah siap digunakan. Suatu contoh API dari MySQL yang sering kita gunakan adalah mysql_connect() dan mysql_query() dimana kedua fungsi tersebut telah secara default ada di PHP sehingga kita tinggal menggunakannya saja.

Berbeda Halnya dengan Mikrotik PHP API, kita tidak bisa serta merta menggunakannya karena secara default belum ada di PHP. Oleh karena jika kita ingin menggunakannya kita harus memiliki filenya terlebih dahulu. anda dapat mendownloadnya disini. file tersebut merupakan class yang berisi beberapa fungsi yang dapat kita gunakan untuk mengeksekusi perintah mikrotik. Adapun contoh penerapannya sebagai berikut

1. Copy File Mikrotik PHP API Class yang sudah anda download kedalam folder projek PHP anda.

2.  Buat sebuah file dengan nama koneksi.php file tersebut akan kita gunakan untuk melakukan koneksi ke mikrotik. adapun contoh ini filenya adalah sebagai berikut  
<?php
 // menyisipkan file class mikrotik php api
 include("routeros_api.php");
 
 // membuat instance atau object dari class
 $API = new routeros_api();
 
 // mendeklarasikan variable untuk koneksi ke mikrotik
 $mikrotik_hostname = "IP_Address_Mikrotik";
 $mikrotik_username = "User_Mikrotik";
 $mikrotik_password = "Password_mikrotik";
 
 // membuat & mengecek koneksi ke router mikrotik
 if (!$API->connect($mikrotik_hostname, $mikrotik_username, $mikrotik_password))
 {
  die("Koneksi ke Mikrotik Gagal dilakukan!<br>");
 }
?>
3. Step Berikutnya adalah kita akan mencoba mengeksekusi perintah mikrotik CLI menggunakan fungsi yang ada dalam file Mikrotik PHP Class yang telah di download sebelumnya. Pada dasarnya API adalah fungsi atau function, jadi jangan bingung ya. pastikan anda telah mengetahui dan memahami perintah Mikrotik CLI. Berikut adalah contoh penerapan Mikrotik PHP API untuk menambah user Mikrotik.
// menyisipkan file config.php
   include("koneksi.php");    
  
   // mengeksekusi perintah Mikrotik CLI
   $API->write("/user/add", false);   
   $API->write("=name=nama_user", false);
   $API->write("=group=group_user", false);
   $API->write("=address=ip_address", false);
   $API->write("=comment=komen", false);
   $API->write("=password=password_user", false);
   $API->write("=disabled=status_user");
  
   // membaca hasil eksekusi perintah tersebut
   $API->read();  
  
   echo "Data user berhasil ditambahkan!<br>";
  
   // memutuskan koneksi dari router mikrotik
   $API->disconnect();   


Sampai disini saya yakin anda sudah memahami bagaimana menggunakan Class Mikrotik PHP API. Sedikit saya tambahkan penjelasana pada contoh diatas bahwa pengeksekusian perintah Mikrotik CLI digunakan dengan menggunakan fungsi write() sedangkan untuk membaca hasil eksekusi digunakan fungsi read(). selain itu karakter spasi harus diganti dengan / (Slash) dan jika baris perintah belum selesai harus ditambahkan parameter false. Sebagai Contoh tambahan berikut saya sharing contoh penggunaan Mikrotik PHP API untuk mengedit User. Yang terpenting jangan lupa menyisipkan file koneksi
// mengeksekusi perintah Mikrotik CLI
   $API->write("/user/set", false);   
   $API->write("=.id=$id", false);
   $API->write("=name=$name", false);
   $API->write("=group=$group", false);
   $API->write("=address=$address", false);
   $API->write("=comment=$comment", false);
   $API->write("=password=$password", false);
   $API->write("=disabled=$status");
  
   // membaca hasil eksekusi perintah tersebut
   $API->read();  
  
   echo "Data user berhasil diubah!<br>";
   
   // memutuskan koneksi dari router mikrotik
   $API->disconnect();