Cara Merekam Aktifitas di Komputer Menjadi Video

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit trik tentang bagaimana merekam aktifitas yang ada dikomputer kemudian disimpan menjadi video. Mirip CCTV gitu. hehe. Aktifitas untuk merekam disini disebut juga dengan istilah Screen Record. di google, jika anda browsing dengan kata kunci "Aplikasi Screen Recording" maka akan ada puluhan aplikasi yang dapat digunakan baik yang gratis atau berbayar. 

Bagi sebagian orang yang suka berbagi pengetahuan dengan membuat tutorial video, merekam screen komputer seperti ini akan lebih memudahkan orang daripada membaca tulisan. Hal ini tentu saja karena menggunakan video disertai dengan praktek yang dapat dilihat langsung. Saya sendiri jika hendak merekam screen untuk membuat tutorial lebih suka menggunakan program Camstudio seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Selain karena gratis. output atau hasil akhirnya tidak kalah dengan yang berbayar. Penggunaanya juga tidaklah sulit sehingga dapat dikatakan user friendly. terdapat beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Camstudio yang dapat anda explorasi sendiri. pokonya mantap deh. dijamin puas. hhe

Cara Merekam Aktifitas di Komputer Menjadi Video

silahkan download aplikasinya disini. untuk menggunakannya tidaklah rumit. anda hanya perlu menginstall lalu menjalankan programnya. tampilannya seperti gambar diatas. sekedar informasi, untuk merekam digunakan tombol bulet warna merah. sedangkan untuk menyimpan stop terlebih dahulu dengan tombol kotak warna biru. adapun untuk merekam  full screen atau merekam seluruh layar pengaturannya ada di menu Region | Full Screen. terdapat beberapa pilihan disana seperti Window yang difungsikan untuk merekam jendela tertentu. Silahkan anda explorasi sendiri. semora bermanfaat. :)

Al-Qur'an di Microsoft Word

Kadangkala bagi sebagian orang yang menggeluti profesi tertentu dituntut untuk menulis alqur'an pada lembar kerja di aplikasi pemroses kata seperti Microsoft word. selain itu, Mahasiswa yang kuliah di instansi pendiidkan islam seperti IAIN atau STAIN sering mendapat tugas yang tidak jarang harus ada ayat alqur'an yang dicantumkan. 

sebenarnya hal itu dapat dilakukan secara manual yaitu dengan mengubah settingan bahasa komputer menjadi bahasa arab sehingga apapun yang diketikan akan menggunakan bahasa arab. Namun demikian, hal itu kadangkala menyulitkan bagi orang yang kurang memahami bagaimana mengetik tulisan arab. Selain itu, menurut beberapa referensi yang saya pahami, kesalahan penulisan dapat merubah makna dalam bahasa arab.  

Al-Qur'an di Microsoft Word

Disini saya akan sharing sebuah add-ons Microsoft Word yang dapat melakukan generate ayat-ayat al-qur'an secara otomatis. Penggunaannya sangat mudah seperti yang anda lihat pada gambar diatas. Jadi pengguna tidak perlu direpotkan untuk mengetik secara manual. Download add-ons nya disini.