Teknik Mencetak Laporan Data Pada Halaman Website

Laporan memang sangatlah diperlukan dalam sebuah aplikasi yang kita bangun. apalagi jika aplikasi yang kita bangun memiliki transaksi-transaki keuangan laporan tentu akan sangat membantu kita untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran yang ada pada sebuah perusahaan. selain itu, laporan juga banyak digunakan untuk memberikan bukti pembayaran ataupun bukti pendaftaran yang biasanya berbentuk dokument pdf.

oleh karena penting adanya sebuah laporan dalam sebuah aplikasi. disini saya akan coba berbagi tentang cara membuat laporan dan mencetak laporan dalam aplikasi website. Sejauh ini, ada dua cara mencetak laporan yang saya ketahui

1. Menggunakan Javascript  

Dengan cara ini kita dapat dengan mudah mencetak laporan halaman website tanpa perlu memikirkan desain laporan (membuatnya) terlebih dahulu. karena dalam javascript terdapat sebuah fungsi untuk mencetak/print. cara penggunaanya adalah sebagai berikut :
<input type="button" value="Cetak" onclick="cetak()"/>

Lalu kita perlu membuat sebuah script Javascript yang akan memanggil fungsi print sebagai berikut
<script type="text/javascript">
function cetak(){
 print();
}
</script>

Dengan begitu, ketika Button Cetak di klik, ia akan memanggil sebuah fungsi cetak yang ada didalam javascript. Sayangnya, perintah cetak ini akan mencetak keseluruhan data yang ada pada halaman ini. seperti pada gambar berikut. 

Teknik Mencetak Laporan Data Pada Website

Namun Hal ini dapat kita akali jika ingin mencetak data yang ada pada tabel saja dengan menampilkan data tersebut pada file berbeda kemudian mencetaknya dengan cara diatas.

2. Menggunakan FPDF

Cara kedua kita dapat memanfaatkan Library Class FPDF yang disedikan secara bebas. anda dapat mendownloadnya pada situs resminya disini. Seperti namanya, FPDF adalah sebuah library yang memungkinkan kita membuat sebuah file PDF. Ini tentu dapat menjadi sebuah jembatan bagi kita untuk membuat sebuah laporan. 

Cara Menggunakannya juga tidak terlalu sulit. 

1. Anda Perlu Mengincludkan Classnya kedalam file anda 
require('fpdf.php');

2. Membuat Sebuah Objek 
$pdf = new FPDF();

3. Menggunakan Objek tersebut untuk menggunakan utilitas yang ada didalam class fpdf ini.
$pdf->AddPage();
$pdf->SetFont('Arial','B',16);
$pdf->Cell(40,10,'Hello World!');
$pdf->Output();

lebih lanjut tentang cara menggunakan Library ini sudah ada didalam dukomentasi demo/tutorial jika anda mendownload dari situs resminya. Selamat Mencoba. Happy Coding :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

comments
Anonymous
17 March 2015 at 01:50 delete

hello gan untuk cara pertam dengan memanggil fungsi cetak menggunkan java script kok ana buat gak mau gan mohon pencerahannya

Reply
avatar
4 April 2016 at 10:08 delete

gan ane punya project dikit nih... ada halaman invoice pembayaran bla blabla... trus ane ingin saat di klik tombol "simpan" maka halaman web itu langsung di download dan di simpan dengan format pdf.. itu carany gmna gan.,? mohon bantuanya yak... kalok ada waktu tutornya bisa di kirim ke email ane., : yogadarma97@gmail.com

Reply
avatar
14 December 2016 at 22:54 delete

cara cetak rapotnya biar cuma tabelnya aja gimana yaaa ? tolong jelasin kakkkk

Reply
avatar

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.